Wednesday, December 19, 2007

FaRaH mulai pilih2 makanan

Setiap orang tau pastilah menginginkan buah hatinya tumbuh sehat dan terpenuhi gizi makanannya. Tapi bagaimana kalo yang terjadi buah hati kita sudah mulai pilih2 makanan dan berkurang 'mood' makannya??
Ini terjadi pula pada putriku FaRaH. Memang geraknya sudah sangat aktif,dan jika ke'asyikan' bermain seolah2 makan sudah jadi rutinitas yang kedua. Pesan suami, jangan mengiming2i anak dengan sesuatu agar dia mau makan. Nanti kalo lapar anak pun akan makan dengan sendirinya.Oleh karena itu, orang tua ga terlalu perlu khawatir, tetaplah bertindak bijaksana. Kita sebagai keluarga muda yang baru belajar menjadi orang tua, ada sedikit trik yang kami terapkan kepada farah:
  1. Ajaklah makan bersama.
  2. Biarkan anak memegang piranti makan sendiri,piring dan sendok.
  3. Jika anak mulai pilih2 makanan misalnya hanya lauknya. Berikan makanan pokok (nasi/roti) dahulu, baru menyusul sayuran dan terakhir lauk yang disukainya.
  4. Jangan isi penuh-penuh piring anak. Taruh makanan secukupnya saja dan beri pujian begitu ia berhasil menghabiskannya.tambahkan sedikit2 jika memungkinkan.
  5. Variasikan makanannya, sehingga anak mau makan apapun.
  6. Pandai-pandai menyelipkan atau ‘menyamarkan’ makanan, misal memasukkan sayuran kedalam makanan kesukaannya.
  7. Bolehlah memberi coklat kesukaannya, mungkin lebih baik dibuat schedule yang tepat.
  8. Untuk minum, buat schedule juga. Disamping ASI, pagi susu murni ato segar, siang saft/juice, malam honey water.
Kalo farah alhamdulillah mau makan nasi dan roti, tapi dengan catatan jangan liat lauknya dulu.he he.Mengantisipasi kenyang kalo makan lauk dulu. Soalnya kalo cuma makan lauk saja, darimana karbonhidratnya?Usahakan seimbang, karena KH sangat penting buat pertumbuhan anak seusianya. Mengingat juga geraknya yang membutuhkan tenaga. Lauk favorit farah ikan, telur dan terakhir daging.

2 comments:

Anonymous said...

semakin gede semakin ngerti makanan jadi pilih-pilih ya. Tipsnya harus disimpan neh siapa tau ufid besok juga gitu. Eh maaf kemarin aku salah tanya, bukan udah bisa jalan belum,kalo jalan dari di jogja juga udah bisa. Maksudnya udah bisa bicara belum? Kalo amel belum keluar kata-kata baru bisa mam, heh.

Kamiela Mussafi said...

He he gpp,maklum new mom..lagi konsen ke ufid. Farah baru bisa ngomong mama papa.Padahal kita ngajarinnya bunda yanda..nah lho.Kadang ga sengaja, pas farah manggil mama,nengok sih.

Greeting

Halloo...para pengunjung yang sengaja atau tidak sengaja menemukan blog ini. Nulis Maning hanyalah catatan seorang perempuan yang baru belajar dan semuanya secara otodidak.

Tujuan semula adalah sebagai pengingat dan pembelajaran diri sendiri. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada yang ingin mengambil ilmunya, memberikan kritik, dan saran agar blog ini bisa lebih baik lagi. Semoga ilmu yang kita peroleh membawa keberkahan. Amin.

Mohon maaf kepada para blogger, para jurnalis, pakar keluarga, pakar merajut, ilmuwan, dan para ahli masakan jika tulisan dalam blog ini masih banyak kekurangan. Terima kasih untuk sumber-sumber referensi yang saya kutip.