Thursday, January 8, 2009

" Klepon Abang "


Untuk buka puasa kemarin pengin menyandingkan kudapan yang manis2, apa ya??
Lama pengin buat klepon tapi karena ga punya pasta pandan jadi tertunda terus. Akhirnya coba pakai tortengus merah yang biasanya buat cake strawberry. Daripada ga da warnanya, masih mending ambil warna merah muda dari bahan ini. Hasilnya alhamdulillah enaakk..terbukti dapat reward khusus dari yanda ketika menyicipinya. Farah..cuma habis satu biji tok. Mungkin asing dengan kenyalnya yah.

Bahan :
250 gram tepung ketan
100 gram kentang pure (bisa juga kentang kukus yang dihaluskan)
300 ml air hangat
1 bungkus tortengus merah
garam
gula merah iris secukupnya
kokosrapel (pengganti parutan kelapa)

Cara Membuat:
Didihkan sedikit air di panci. Siapkan kokosrapel dan bubuhi sedikit garam, sisihkan. (Bisa juga dengan mengukusnya)
Campur air hangat dengan garam, aduk rata.
Tuangkan ke tepung ketan sedikit sedikit sambil diuleni sampai tepung tdk lengket di tangan.
Ambil sejumput adonan, bulatkan, pipihkan, isi dgn gula merah, bulatkan kembali dan masukkan ke dlm air mendidih. Rebus sampai klepon mengambang dan angkat. Selagi hangat, gulirkan di atas kokosrapel agar lebih bisa menempel.

No comments:

Greeting

Halloo...para pengunjung yang sengaja atau tidak sengaja menemukan blog ini. Nulis Maning hanyalah catatan seorang perempuan yang baru belajar dan semuanya secara otodidak.

Tujuan semula adalah sebagai pengingat dan pembelajaran diri sendiri. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada yang ingin mengambil ilmunya, memberikan kritik, dan saran agar blog ini bisa lebih baik lagi. Semoga ilmu yang kita peroleh membawa keberkahan. Amin.

Mohon maaf kepada para blogger, para jurnalis, pakar keluarga, pakar merajut, ilmuwan, dan para ahli masakan jika tulisan dalam blog ini masih banyak kekurangan. Terima kasih untuk sumber-sumber referensi yang saya kutip.