Monday, January 26, 2009

" Kehamilan 8 bulan "

Pada periode kehamilan 8 bulan adalah periode yang bunda ga bisa lupa. Kenapa??Karena pada periode ini pertama kalinya bunda sering sekali mengalami kram di kaki terutama di bagian betis. Dan hal ini tidak bunda alami ketika kehamilan farah. Jadi, kalo malam bunda sering bangun dan ketika mo menggeliatkan kaki, rasanya kaki ga bisa digerakkan (kaku) dan sakit sekali. Pastinya mas saif jadi bangun dan membantu mengangkat kaki serta melemaskannya. Alhamdulillah hal ini ga berlangsung setiap malam. Setelah konsultasi ke dokter ternyata eh ternyata..dokter mengingatkan perbanyak susu (langsung merasa bersalah***), pisang dan kacang2an. Kemungkinan karena kekurangan kalsium dan kalium. *Yah..bener sekali bunda memang sedikit menyepelekan minum susu, bukan karena postingan ini lhoh. Seingat bunda ketika hamil farah dulu rajin banget minum susu khusus ibu hamil, disini ga ada siy..(pembelaan diri).
Sebenarnya kalo susu UHT yang seperti diminum farah selalu stok satu kardus tapi ga tau ya kok bisa sampai terlupakan gitu. Mungkin karena susu UHT lebih sering minum dalam kondisi ga hangat/dingin ya..Mengenai kandungan sepertinya semua susu sama.

Setelah ikhtiar mengonsumsi susu secara teratur, pisang dan kacang2an..(mas saif jadi lebih perhatian lhoh..sering ngingetin dan beliin olahan susu yang lain (yogurt), susu kedelai, pisang dan kacang2an untuk diolah).
Alhamdulillah di usia kehamilan 9 bulan ini tak merasakan kram kaki lagi.

Di kehamilan bulan ke delapan ini, BB bunda naik jadi 72,5 kg (**) tekanan darah 120/60.
*Kata suami bunda jadi beda,,,tapi,,,(yah jelas beda lah badannya segede gini dan gendut lagi).
Lihat nanti yah setelah melahirkan....amin.

2 comments:

asti said...

Kalau aku sering merasakan sakit dikaki pada saat menjelang tidur, dan kadang juga hingga kram di malam hari.
Susah tidur hampir tiap hari,, punggung sakit dan terkadang payudara terasa nyeri.
Salam kenal...

Anonymous said...

salam kenal..
berbagi pengalaman saat hamil???huuuuhuhuuu....menyenangkan sekali,,
ini pengalamanku saat hamil menjelang 7 bulan..tangan terasa ngilu, g bisa digerakkan,,untuk gosok gigi juga sakit..apalgi u memasak atau bahkan menulis, padahal sebagai guru juga tidak terlepas dr menulis di papan wktu menjelaskan..
nah sekarang usia kandunganku udh mendekati 8 bulan,,wl g sesakit dl...bengkak di kaki dan tangan terlihat jelas,,tp sakit punggung udh berkurang...satu lagi,,sering terasa mau BAB walau g sampai masuk k WC.
olahraga jalan pagi mulai aktif,,aktivitas berat mulai dikurangi, makan makanan yg bnyak mengandung kalium dan kalsium ditingkatkan,,dan banyak istirahat,,itu adalah

Greeting

Halloo...para pengunjung yang sengaja atau tidak sengaja menemukan blog ini. Nulis Maning hanyalah catatan seorang perempuan yang baru belajar dan semuanya secara otodidak.

Tujuan semula adalah sebagai pengingat dan pembelajaran diri sendiri. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada yang ingin mengambil ilmunya, memberikan kritik, dan saran agar blog ini bisa lebih baik lagi. Semoga ilmu yang kita peroleh membawa keberkahan. Amin.

Mohon maaf kepada para blogger, para jurnalis, pakar keluarga, pakar merajut, ilmuwan, dan para ahli masakan jika tulisan dalam blog ini masih banyak kekurangan. Terima kasih untuk sumber-sumber referensi yang saya kutip.