Wednesday, November 28, 2007

Daylight Saving Time..

Belum ada sebulan di Jerman, saya sudah dibuat heran ma kondisi disini. Suami bilang.."Bunda, diingatkan ya besok jam kita mundurin satu jam"..Lho kok waktu dibuat mainan gitu,maju mundur, ga tetep kaya di indonesia??
Yap,ternyata ini terkenal dengan Daylight Saving Tim (DST), yaitu sistem yang dimaksudkan untuk "menyimpan cahaya siang hari" di musim panas.Waktu resmi dimajukan (biasanya) satu jam lebih awal dari zona waktu resmi dan diberlakukan selama musim semi dan musim panas. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menyesuaikan jam ketika hari masih terang dengan jam kegiatan kerja dan sekolah. DST biasanya digunakan di wilayah yang suhunya sedang, karena perbedaan yang cukup besar antara masa hari terang dibandingkan gelap sepanjang musim di wilayah-wilayah tersebut.

Kapan mulainya??dari referensi yang saya baca DST mulai ketika Perang Dunia I, 30 April dan 1 Oktober 1916.
Trus kapan mengganti jam kita?
Di Eropa(EU), waktu summer(panas) mulai dan berakhir pada jam 1 malam. Ini dimulai pada hari ahad minggu terakhir, dibulan Maret dan berakhir pada hari ahad, minggu terakhir di bulan Oktober.
Sedangkan di AmerikaUS),
waktu summer(panas) mulai dan berakhir pada jam 2 malam. Ini dimulai pada hari ahad, minggu kedua dibulan Maret dan berakhir pada hari ahad, minggu pertama di bulan November. Kenapa selalu hari Ahad? Diperkirakan karena hari ahad adalah hari libur sehingga jika ada yang lupa atau ada yang membuat janji tidak fatal akibatnya.
Negara mana saja yang menggunakan DST. Saat ini sekitar 70 negara di dunia yang menganutnya. Japan, India, China adalah negara industri yang tidak menganut dan menggunakan DST. Meskipun China pernah mencoba menerapkan DST pada 1986-1991.

No comments:

Greeting

Halloo...para pengunjung yang sengaja atau tidak sengaja menemukan blog ini. Nulis Maning hanyalah catatan seorang perempuan yang baru belajar dan semuanya secara otodidak.

Tujuan semula adalah sebagai pengingat dan pembelajaran diri sendiri. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada yang ingin mengambil ilmunya, memberikan kritik, dan saran agar blog ini bisa lebih baik lagi. Semoga ilmu yang kita peroleh membawa keberkahan. Amin.

Mohon maaf kepada para blogger, para jurnalis, pakar keluarga, pakar merajut, ilmuwan, dan para ahli masakan jika tulisan dalam blog ini masih banyak kekurangan. Terima kasih untuk sumber-sumber referensi yang saya kutip.